M A K A L A H
Diajukan
Untuk Memenuhi Tugas Terstruktur
Mata Kuliah : Tafsir Tarbawy dan Sains
Dosen Pengampu : Saifuddin, M.Ag
Disusun Oleh:
K E L O M P O K
7
Rusli Hamzah (07460826)
Anggi Fitriyani (58461162)
Mala Dwi Arianti (58461176)
Tuti Nurliyawati
(58461194)
TARBIYAH/IPA-BIO A/SMT III
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( I A I N )
SYEKH NURJATI
C I R E B O N
2009 M / 1430 H
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Pendidikan adalah
merupakan usaha sadar untuk menumbuh kembangkan potensi Sumber Daya Manusia
(SDM) melalui kegiatan pengajaran. Ada dua buah konsep kependidikan yang
berkaitan dengan lainnya, yaitu belajar ( learning ) dan pembelajaran (
intruction ). Konsep belajar berakar pada pihak peserta didik dan konsep
pembelajaran berakar pada pihak pendidik.
Mengajar merupakan
istilah kunci yang hampir tak pernah luput dari pembahasan mengenai pendidikan
karena keeratan hubungan antara keduanya.
Metodologi mengajar dalam dunia pendidikan perlu dimiliki oleh pendidik, karena keberhasilan Proses Belajar Mengajar (PBM) bergantung pada cara/mengajar gurunya. Jika cara mengajar gurunya enak menurut siswa, maka siswa akan tekun, rajin, antusias menerima pelajaran yang diberikan, sehingga diharapkan akan terjadi perubahan dan tingkah laku pada siswa baik tutur katanya, sopan santunnya, motorik dan gaya hidupnya.
Metodologi mengajar dalam dunia pendidikan perlu dimiliki oleh pendidik, karena keberhasilan Proses Belajar Mengajar (PBM) bergantung pada cara/mengajar gurunya. Jika cara mengajar gurunya enak menurut siswa, maka siswa akan tekun, rajin, antusias menerima pelajaran yang diberikan, sehingga diharapkan akan terjadi perubahan dan tingkah laku pada siswa baik tutur katanya, sopan santunnya, motorik dan gaya hidupnya.
Tujuan pembelajaran
yang diinginkan tentu yang optimal, untuk itu ada beberapa hal yang perlu
diperhatikan oleh pendidik, salah satu diantaranya adalah metodologi pengajaran.
Metodologi pengajaran
banyak ragamnya, sebagai pendidik tentu harus memiliki metode mengajar yang
beraneka ragam, agar dalam proses belajar mengajar tersebut tidak menggunakan
hanya pada satu metode saja, tetapi harus bervariasi, yaitu disesuaikan dengan
tipe belajar siswa dan kondisi serta situasi yang ada pada saat itu, sehingga
tujuan pengajaran yang telah dirumuskan sendiri oleh pendidik dapat /tercapai.
Pengajar tidak hanya
memberikan pengetahuan dan pemahaman pada yang diajar, namun lebih diarahkan
pada pembentukan sikap, perilaku dan kepribadiannya. Mengingat perkembangan
komunikasi informasi dan kehadiran media cetak maupun elektronik tidak selalu
membawa pengaruh positif bagi masyarakat. Tugas pengajar dalam konteks ini
membantu mengkondisikan masyarakat pada sikap, perilaku, atau kepribadian yang
benar, agar mampu menjadi agent of modernization bagi dirinya sendiri,
lingkungan, masyarakat dan siapa saja yang dijumpai.
Al Qur'an merupakan
sumber utama ajaran Islam dan pedoman hidup bagi setiap muslim. Al Qur'an bukan
sekedar memuat petunjuk tentang hubungan manusia dengan Tuhan, tetapi juga
mengatur hubungan manusia dengan sesamanya (hablum min Allah wa hablum min
an-nas), serta manusia dengan alam sekitarnya. Untuk memahami ajaran Islam
secara sempurna (kuffah), diperlukan pemahaman terhadap kandungan al-Qur'an dan
mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari secara sungguh-sungguh dan
konsisten.
Adapun ayat-ayat tentang metode
pengajaran yang akan dibahas dalam makalah ini, yaitu a, sebagai berikut :
1. Surat Al-Maidah: 67
2. Surat Al-Nahl: 125
3. Surat Al-a’raf 176-177
4. Surat Ibrahim 24-25
1. Surat Al-Maidah: 67
2. Surat Al-Nahl: 125
3. Surat Al-a’raf 176-177
4. Surat Ibrahim 24-25
B.
Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang kemudian
akan dibahas pada makalah ini adalah ,
sebagai berikut :
1.
Membahas serta mengkaji mengenai
ayat-ayat Al-Qur’an yang berhubungan dengan Metode pengajaran, yaitu Surat Al-Maidah
ayat 67, Al-A’raaf ayat 176-177, Al-A’raaf ayat 176-177,dan Ibrahim ayat
24-25.
2.
Bagaimana mengetahui Sebab-sebab
turunnya ayat-ayat tersebut.
3.
Bagaimana menjelaskan nilai-nilai
tarbawy yang terkandung dalam ayat-ayat yang dibahas tersebut.
BAB II
SENTRAL KAJIAN
A.
Ayat Yang Dikaji
Adapun ayat-ayat Al
Qur’an yang dikaji dalam makalah ini yang berkaitan dengan Metode Pengajaran
yaitu sebagai berikut :
1.
Surat Al-Maidah ayat 67
* $pkr'¯»t ãAqߧ9$# õ÷Ïk=t/ !$tB tAÌRé& øs9Î) `ÏB y7Îi/¢ ( bÎ)ur óO©9 ö@yèøÿs? $yJsù |Møó¯=t/ ¼çmtGs9$yÍ 4 ª!$#ur ßJÅÁ÷èt z`ÏB Ĩ$¨Z9$# 3 ¨bÎ) ©!$# w Ïöku tPöqs)ø9$# tûïÍÏÿ»s3ø9$# ÇÏÐÈ
Artinya :
“Hai
rasul, sampaikanlah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu. dan jika tidak
kamu kerjakan (apa yang diperintahkan itu, berarti) kamu tidak menyampaikan
amanat-Nya. Allah memelihara kamu dari (gangguan) manusia[1].
Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir”. (Al-Maidah
: 67)
2.
Surat An-Nahl ayat 125
äí÷$#
4n<Î) È@Î6y y7În/u ÏpyJõ3Ïtø:$$Î/
ÏpsàÏãöqyJø9$#ur ÏpuZ|¡ptø:$# (
Oßgø9Ï»y_ur ÓÉL©9$$Î/ }Ïd ß`|¡ômr& 4 ¨bÎ) y7/u uqèd ÞOn=ôãr& `yJÎ/
¨@|Ê `tã ¾Ï&Î#Î6y
( uqèdur ÞOn=ôãr& tûïÏtGôgßJø9$$Î/ ÇÊËÎÈ
Artinya
:
“serulah
(manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah[2]
dan pengajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.
Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat
dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat
petunjuk” (An-Nahl : 125).
3.
Surat Al-A’raaf ayat 176-177
öqs9ur
$oYø¤Ï© çm»uZ÷èsùts9
$pkÍ5 ÿ¼çm¨ZÅ3»s9ur
t$s#÷zr& n<Î)
ÇÚöF{$# yìt7¨?$#ur
çm1uqyd 4 ¼ã&é#sVyJsù
È@sVyJx. É=ù=x6ø9$#
bÎ) ö@ÏJøtrB
Ïmøn=tã ô]ygù=t
÷rr& çmò2çøIs?
]ygù=t 4 y7Ï9º©
ã@sVtB ÏQöqs)ø9$#
úïÏ%©!$# (#qç/¤x.
$uZÏG»t$t«Î/ 4 ÄÈÝÁø%$$sù
}È|Ás)ø9$# öNßg¯=yès9
tbrã©3xÿtFt ÇÊÐÏÈ
uä!$y ¸xsWtB
ãPöqs)ø9$# z`Ï%©!$#
(#qç/¤x. $uZÏG»t$t«Î/
öNåk|¦àÿRr&ur (#qçR%x.
tbqãKÎ=ôàt ÇÊÐÐÈ
Artinya
:
dan kalau Kami
menghendaki, Sesungguhnya Kami tinggikan (derajat)nya dengan ayat-ayat itu,
tetapi Dia cenderung kepada dunia dan menurutkan hawa nafsunya yang rendah,
Maka perumpamaannya seperti anjing jika kamu menghalaunya diulurkannya lidahnya
dan jika kamu membiarkannya Dia mengulurkan lidahnya (juga). demikian Itulah
perumpamaan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat kami. Maka Ceritakanlah
(kepada mereka) kisah-kisah itu agar mereka berfikir. Amat buruklah perumpamaan orang-orang yang
mendustakan ayat-ayat Kami dan kepada diri mereka sendirilah mereka berbuat
zalim. (Al-A’raaf : 176-177).
4.
Surat Ibrahim ayat 24-25
öNs9r&
ts? y#øx.
z>uÑ ª!$#
WxsWtB ZpyJÎ=x.
Zpt6ÍhsÛ ;otyft±x.
Bpt7ÍhsÛ $ygè=ô¹r&
×MÎ/$rO $ygããösùur
Îû Ïä!$yJ¡¡9$#
ÇËÍÈ þÎA÷sè?
$ygn=à2é& ¨@ä.
¤ûüÏm ÈbøÎ*Î/
$ygÎn/u 3 ÛUÎôØour
ª!$# tA$sWøBF{$#
Ĩ$¨Y=Ï9 óOßg¯=yès9
crã2xtGt ÇËÎÈ
Artinya
:
tidakkah
kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik[3]
seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya menjulang ke langit, pohon itu memberikan buahnya pada
Setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu
untuk manusia supaya mereka selalu ingat.(Ibrahim:24-25).
BAB III
ASBABUL’NUZUL
A. Sebab-Sebab
Turunnya Ayat
1.
Surat Al-Maidah ayat 67
Ada
beberapa riwayat dengan turunnya surat Al-Maidah ayat 67 ini diantaranya : “Dalam
suatu riwayat dikemukakan bahwa Rasulallah Saw pernah bersabda : “Sesungguhnya
Allah telah mengutusku dengan risalah kerasulan. Hal tersebut menyesakkan
dadaku karena aku tahu bahwa orang-orang akan mendustakan risalahku. Allah
memerintahkan kepadaku, untuk menyampaikannya dan kalau tidak, Allah akan
menyiksaku”. Maka turunlah ayat ini ( S.5 : 67) yang mempertegas perintah
penyampaian risalah disertai jaminan akan keselamatannya[4].
Dalam riwayat yang lain
dikemukakan bahwa Siti Aisyah menyatakan bahwa nabi SAW biasanya dijaga oleh
para pengawalnya sampai turun ayat “wallahu ya’shimuka minnannas’ (S.5 : 67)
Setelah ayat itu turun Rasulullah menampakan dirinya dari kubbah sambil berkata
; “wahai saudar-saudaraku pulanglah kalian, Allah telah menjamin keselamatanku
dalam menyebarkan dakwah ini. Sesungguhnya malam seperti ini baik untuk tidur di
tempat tidur masing-masing[5].
2.
Surat An-Nahl ayat 125
Para mufasir berbeda pendapat seputar Asbab
an-nuzul (latar belakang turunnya) ayat ini. Al-Wahidi menerangkan bahwa ayat
ini turun setelah Rasulullah SAW. menyaksikan jenazah 70 sahabat yang syahid
dalam Perang Uhud, termasuk Hamzah, paman Rasulullah. Al-Qurthubi menyatakan
bahwa ayat ini turun di Makkah ketika adanya perintah kepada Rasulullah SAW,
untuk melakukan gencatan senjata (muhadanah) dengan pihak Quraisy. Akan tetapi,
Ibn Katsir tidak menjelaskan adanya riwayat yang menjadi sebab turunnya ayat
tersebut.
Meskipun demikian, ayat ini tetap berlaku umum untuk sasaran dakwah siapa saja, Muslim ataupun kafir, dan tidak hanya berlaku khusus sesuai dengan Asbab an- nuzul-nya (andaikata ada sabab an-nuzul-nya). Sebab, ungkapan yang ada memberikan pengertian umum. Iniberdasarkan kaidah ushul:
أَنَّ الْعِبْرَةَ لِعُمُومِ اللَّفْظِ لَا بِخُصُوصِ السَّبَبِ
Artinya:“Yang menjadi patokan adalah keumuman ungkapan, bukan kekhususan sebab”. Setelah kata ud‘u (serulah) tidak disebutkan siapa obyek (maf‘ûl bih)-nya. Ini adalah uslub (gaya pengungkapan) bahasa Arab yang memberikan pengertian umum (liat-ta’mîm). Dari segi siapa yang berdakwah, ayat ini juga berlaku umum. Meski ayat ini adalah perintah Allah kepada Rasulullah, perintah ini juga berlaku untuk umat Islam. Sebagaimana kaidah dalam ushul fikih :
خطاب الرسول خظاب لامته مالم يرد دليل التحصيص
Artinya: “Perintah Allah kepada Rasulullah, perintah ini juga berlaku untuk umat Islam, selama tidak ada dalil yang mengkhususkannya.”
Meskipun demikian, ayat ini tetap berlaku umum untuk sasaran dakwah siapa saja, Muslim ataupun kafir, dan tidak hanya berlaku khusus sesuai dengan Asbab an- nuzul-nya (andaikata ada sabab an-nuzul-nya). Sebab, ungkapan yang ada memberikan pengertian umum. Iniberdasarkan kaidah ushul:
أَنَّ الْعِبْرَةَ لِعُمُومِ اللَّفْظِ لَا بِخُصُوصِ السَّبَبِ
Artinya:“Yang menjadi patokan adalah keumuman ungkapan, bukan kekhususan sebab”. Setelah kata ud‘u (serulah) tidak disebutkan siapa obyek (maf‘ûl bih)-nya. Ini adalah uslub (gaya pengungkapan) bahasa Arab yang memberikan pengertian umum (liat-ta’mîm). Dari segi siapa yang berdakwah, ayat ini juga berlaku umum. Meski ayat ini adalah perintah Allah kepada Rasulullah, perintah ini juga berlaku untuk umat Islam. Sebagaimana kaidah dalam ushul fikih :
خطاب الرسول خظاب لامته مالم يرد دليل التحصيص
Artinya: “Perintah Allah kepada Rasulullah, perintah ini juga berlaku untuk umat Islam, selama tidak ada dalil yang mengkhususkannya.”
3.
Surat Al-A’raaf ayat 176-177
Terdapat riwayat yang
mengatakan bahwa dia adalah seorang laki-laki dari bani Israel yang
bernama Bal’am bin Ba’ura’. Riwayat lain mengatakan bahwa orang itu adalah
seorang laki-laki dari Palestina yang dictator. Riwayat lain juga mengatakan
bahwa dia adalah orang Arab yang bernamaUmayyah bin Shalt. Adapula riwayat yang
mengatakan bahwa dia adalah seseorang yang hidup sezaman dengan masa
Rasulullah, yang bernama Amir al-Fasik. Dan, ada pula riwayat yang mengatakan
bahwa orang tersebut semasa dengan Nabi Musa a.s. Ada lagi riwayat yang mengatakan bahwa dia
hidup sepeninggal Nabi Musa a.s , yaitu sezaman dengan Yusya’ bin Nun yang
memerangi para dictator bani Israel sesudah mereka kebingungan dan
terkatung-katung di padang pasir selama empat puluh tahun. Yakni, sesudah bani
Israel tidak mau memenuhi perintah Allah untuk memasukinya dan berkata kepada
Nabi Musa a.s.,”Maka pergilah engkau bersama Tuhanmu, lalu perangilah
mereka, sedang kami menunggu di sini.”
Diriwayatkan juga di dalam menafsirkan
ayat-ayat yang diberikan kepadanya bahwa ayat-ayat itu adalah nama Allah yang
teragung. Orang itu berdo’a dengan menyebutnya, lalu dikabulkan do’anya. Sebagaimana
juga ada riwayat yang mengatakan bahwa ayat – ayat itu adalah kitab suci yang
diturunkan, sedang dia adalah seorang Nabi. Setelah itu, terdapat keterangan
yang berbeda-beda mengenai perincian cerita tersebut.
4.
Surat Ibrahim ayat 24-25
Berdasar satu riwayat
yang menyatakan (‘Abdullah) putra ‘ Umar ra. Berkata bahwa suatu ketika kami
berada di sekeliling Rasulullah SAW., lalu beliau bersabda :” Beritahulah aku
tentang sebuah pohon yang serupa dengan
seorang muslim, memberikan buahnya pada setiap musim! “ Putra ‘Umar berkata:
“Terlintas dalam benakku bahwa pohon itu adalah pohon kurma, tetapi aku lihat
Abu Bakar dan Umar tidak berbicara, maka aku segan berbicara.”Dan seketika
Rasul SAW., tidak mendengar jawaban dari
hadirin, beliau bersabda: “Pohon itu adalah pohon kurma”. Setelah selesai
pertemuan dengan Rasul SAW itu, aku berkata kepada (ayahku) ‘Umar:”Hai Ayahku!
Demi Allah telah terlintas dalam benakku bahwa yang dimaksud adalah pohon
kurma.“Beliau berkata: “Mengapa engkau tidak menyampaikannya?”Aku menjawab:
“Aku tidak melihat seorang pun berbicara, maka aku pun segera berbicara.” ‘Umar
ra. Berkata :”Seandainya engkau menyampaikannya maka sungguh itu lebih kusukai
dari ini dan itu.”HR.Bukhari,Muslim,at-Tirmidzi dan lain-lain.
BAB IV
TAFSIR /PENJELASAN
A. Pembahasan Ayat
1.
Surat Al-Maidah ayat 67
a.
Mufrodat
يَاأَيُّهَا الرَّسُولُ
= Hai Rasul
بَلِّغْ = sampaikanlah
مَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ = apa yang di turunkan kepadamu
مِنْ رَبِّكَ = dari Tuhanmu.
وَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ = Dan jika tidak kamu kerjakan (apa yang diperintahkan itu)
فَمَا بَلَّغْتَ = kamu tidak menyampaikan
رِسَالَتَه ُ = amanat-Nya
وَاللَّهُ يَعْصِمُكَ = Allah memelihara kamu
مِنَ النَّاسِ = dari (gangguan) manusia.
إِنَّ اللَّهَ = . Sesungguhnya Allah
لَا يَهْدِي = tidak memberi petunjuk
الْقَوْمَ الْكَافِرِينَ = kepada orang-orang yang kafir
بَلِّغْ = sampaikanlah
مَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ = apa yang di turunkan kepadamu
مِنْ رَبِّكَ = dari Tuhanmu.
وَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ = Dan jika tidak kamu kerjakan (apa yang diperintahkan itu)
فَمَا بَلَّغْتَ = kamu tidak menyampaikan
رِسَالَتَه ُ = amanat-Nya
وَاللَّهُ يَعْصِمُكَ = Allah memelihara kamu
مِنَ النَّاسِ = dari (gangguan) manusia.
إِنَّ اللَّهَ = . Sesungguhnya Allah
لَا يَهْدِي = tidak memberi petunjuk
الْقَوْمَ الْكَافِرِينَ = kepada orang-orang yang kafir
Tersirat
dalam Surat Al-Maidah ini mengandung makna bahwa menyampaikan risalah itu
merupakan perintah Tuhan. Allah memerintahkan Nabi untuk menyampaikan risalah
kenabian kepada umatnya jika tidak maka nabi termasuk orang yang tidak
menyampaikan amanat. Peringatan Allah kepada nabi mengakibatkan beliau sangat
ketakutan sehingga dada nabi terasa sesak, saking beratnya tugas ini.
Kata-kata “baligh” dalam bahasa Arab itu merupakan pernyataan yang sangat jelas apalagi bentuknya fi’il “amr”. Dalam tafsir Al-Jalalin lafadz “baligh” terselip kandunganجميع (seluruhnya)5. Berarti nabi harus menyampaikan secara keseluruhan yang telah diterima dari Allah SWT. Tidak boleh ada yang disembunyikan sedikitpun dari Nabi (ولا تكتم شيئا منه ) 6. Dalam Tafsir Ibnu Katsir juga dijelaskan bahwa makna “baligh” dalam surat Al-Maidah merupakan fiil amr yang terkandung makna untuk menyampaikan seluruh yang diterima dari Allah SWT. Ibnu Katsir menulis :
Kata-kata “baligh” dalam bahasa Arab itu merupakan pernyataan yang sangat jelas apalagi bentuknya fi’il “amr”. Dalam tafsir Al-Jalalin lafadz “baligh” terselip kandunganجميع (seluruhnya)5. Berarti nabi harus menyampaikan secara keseluruhan yang telah diterima dari Allah SWT. Tidak boleh ada yang disembunyikan sedikitpun dari Nabi (ولا تكتم شيئا منه ) 6. Dalam Tafsir Ibnu Katsir juga dijelaskan bahwa makna “baligh” dalam surat Al-Maidah merupakan fiil amr yang terkandung makna untuk menyampaikan seluruh yang diterima dari Allah SWT. Ibnu Katsir menulis :
يقول تعالى مخاطبا عبده ورسوله محمدا –
صلى الله عليه وسلم – باسم الرساله وآمرا له بإبلاغ جميع ما أرسله الله به[6]
(Allah
berkata pada hamba dan rasulnya yaitu Muhammad SAW dengan konteks kerisalahan
dan memerintahkan untuk menyampaikan seluruh yang datang dari Allah)
Bagi nabi tugas ini sangat berat karena merupakan tanggung jawab dunia akherat. Saking beratnya perintah ini, dalam peristiwa “haji wada”, nabi sekali lagi menegaskan tentang tugas beliau yang telah dipikulkan padanya. Ini artinya sebuah perintah harus dipertangggungjawabkan. Bagi seorang guru pada akhir tugas pembelajaran harus ada pertanggungjawaban sehingga diketahui oleh public atau masyarakat umum. Kisah ini diceritakan sangat indah oleh Ibnu Katisr dalam menafsirkan Surat Al-Maidah ayat 67 ini. Beliau menguraikan :
Bagi nabi tugas ini sangat berat karena merupakan tanggung jawab dunia akherat. Saking beratnya perintah ini, dalam peristiwa “haji wada”, nabi sekali lagi menegaskan tentang tugas beliau yang telah dipikulkan padanya. Ini artinya sebuah perintah harus dipertangggungjawabkan. Bagi seorang guru pada akhir tugas pembelajaran harus ada pertanggungjawaban sehingga diketahui oleh public atau masyarakat umum. Kisah ini diceritakan sangat indah oleh Ibnu Katisr dalam menafsirkan Surat Al-Maidah ayat 67 ini. Beliau menguraikan :
قال الزهري من الله الرسالة وعلى
الرسول البلاغ وعلينا التسليم وقد شهدت له أمته بإبلاغ الرسالة وأداء الأمانة
واستنطقهم بذلك فى أعظم المحافل في خطبته يوم حجة الوداع وقد كان هناك من أصحابه
نحو من أربعين ألفا كما ثبت في صحيح مسلم عن جابر بن عبد الله أن رسول الله – صلى
الله عليه وسلم – قال في خطبته يومئذ:”ياأيها الناس إنكم مسئولون عني فما أنتم قائلون؟
قالوا نشهد أنك قد بلغت وأديت ونصحت فجعل يرفع أصبعه إلى السماء منكسها إليهم
ويقول اللهم هل بلغت [7]
Pada
awalnya Nabi merasa takut untuk menyampaikan risalah kenabian. Namun karena ada
dukungan lansung dari Allah maka keberanian itu muncul. Dukungan dari Allah
sebgai pihak pemberi wewenang menimbulkan semangat dan etos dakwah nabi dalam
menyampaikan risalah. Nabi tidak sendirian, di belakangnya ada semangat
“Agung”, ada pemberi motivasi yang sempurna yaitu Allah SWT. Begitu pun dalam
proses pembelajaran harus ada keberanian, tidak ragu-ragu dalam menyampaikan
materi. Sebab penyampaian materi sebagai pewarisan nilai merupakan amanat agung
yang harus diberikan. Bukankah nabi berpesan ; “yang hadir hendaknya
menyampaikan kepada yang tidak hadir” . Sehingga Allah berfirman sebagai
penegasan dukungan keselamatan :
وَاللَّهُ يَعْصِمُكَ مِنَ النَّاسِ = Allah memelihara kamu dari (gangguan) manusia.
Imam AL-Qurtubi memperjelas dalam konteks kerisalahan nabi sebagai rasul. Beliau mengungkapkan sebab rasul tidak berani menyampaikan risalah kenabian secara terang-terangan.
وَاللَّهُ يَعْصِمُكَ مِنَ النَّاسِ = Allah memelihara kamu dari (gangguan) manusia.
Imam AL-Qurtubi memperjelas dalam konteks kerisalahan nabi sebagai rasul. Beliau mengungkapkan sebab rasul tidak berani menyampaikan risalah kenabian secara terang-terangan.
Beliau menulis dalam tafsirnya:
قيل: معناه أظهر التبليغ; لأنه كان في أول الإسلام يخفيه خوفا من المشركين, ثم أمر بإظهاره في هذه الآية, وأعلمه الله أنه يعصمه من الناس.
قيل: معناه أظهر التبليغ; لأنه كان في أول الإسلام يخفيه خوفا من المشركين, ثم أمر بإظهاره في هذه الآية, وأعلمه الله أنه يعصمه من الناس.
Arti “baligh” menurut Imam Al-Qurtubi lebih menampakan pada proses penyampaian amanah kapada masyarakat. Karena di awal penyebaran agama Islam nabi khawatir kepada orang-orang musyrik Makkah. Kemudian Allah memerintahkan untuk menampakan kerisalahan tersebut dengan diturunkannya ayat ini. Dan Allah memberitahu kepada nabi bahwa Allah akan menjaga keselamatannya. Bahkan bila nabi tidak menyampaikan ayat, menyembunyikan risalah dan amanat tersebut maka nabi dikatakan sebagai orang yang “kadzab”, berdusta[8].
Kata “Baligh” dalam bahasa Arab atinya sampai,
mengenai sasaran, atau mencapai tujuan. Bila dikaitkan dengan qawl (ucapan),
kata balig berarti fasih, jelas maknanya, terang, tepat mengungkapkan apa yang
dikehendaki. Karena itu prinsip qaulan balighan dapat diterjemahkan sebgai
prinsip komunikasi yang effektif. Komunikasi yang efektif dan efisien dapat diperoleh
bila memperhatikan pertama, bila dalam pembelajaran menyesuaikan pembicaranya
dengan sifat khalayak. Istilah Al-Quran “fii anfusihiim”, artinya penyampaian
dengan “bahasa” masyarakat setempat. Hal yang kedua agar komunikasi dalam
proses pembelajaran dapat diterima peserta didik manakala komunikator menyentuh
otak atau akal juga hatinya sekaligus[9].
Tidak jarang di sela khotbahnya nabi berhenti untuk bertanya atau memberi kesempatan yang hadir untuk bertanya, terjadilah dialog. Khutbah nabi pendek tetapi padat penuh makna sehingga menyentuh dalam setiap sanubari pendengarnya.
Tidak jarang di sela khotbahnya nabi berhenti untuk bertanya atau memberi kesempatan yang hadir untuk bertanya, terjadilah dialog. Khutbah nabi pendek tetapi padat penuh makna sehingga menyentuh dalam setiap sanubari pendengarnya.
2.
Surat An-Nahl ayat 125
a.
Mufrodat
ادْعُ
= Serulah (manusia)
إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ = kepada jalan Tuhanmu
بِالْحِكْمَةِ = dengan hikmah
وَالْمَوْعِظَةالْحَسَنَةِ = dan pelajaran yang baik
وَجَادِلْهُمْ = bantahlah mereka
بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ = dengan cara yang baik
إِنَّ رَبَّكَ = Sesungguhnya Tuhanmu
هُوَ أَعْلَمُ = Dialah yang lebih mengetahui
بِمَنْ ضَلَّ = tentang siapa yang tersesat
عَنْ سَبِيلِهِ = dari jalan-Nya
وَهُوَ أَعْلَمُ = Dialah yang lebih mengetahui
بِالْمُهْتَدِينَ = orang-orang yang mendapat petunjuk.
إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ = kepada jalan Tuhanmu
بِالْحِكْمَةِ = dengan hikmah
وَالْمَوْعِظَةالْحَسَنَةِ = dan pelajaran yang baik
وَجَادِلْهُمْ = bantahlah mereka
بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ = dengan cara yang baik
إِنَّ رَبَّكَ = Sesungguhnya Tuhanmu
هُوَ أَعْلَمُ = Dialah yang lebih mengetahui
بِمَنْ ضَلَّ = tentang siapa yang tersesat
عَنْ سَبِيلِهِ = dari jalan-Nya
وَهُوَ أَعْلَمُ = Dialah yang lebih mengetahui
بِالْمُهْتَدِينَ = orang-orang yang mendapat petunjuk.
Makna
umum dari ayat ini bahwa nabi diperintahkan untuk mengajak kepada umat manusia
dengan cara-cara yang telah menjadi tuntunan Al-Qur’an yaitu dengan cara
Al-hikmah, Mauidhoh Hasanah, dan Mujadalah. Dengan cara ini nabi sebagai rasul
telah berhasil mengajak umatnya dengan penuh kesadaran. Ketiga metode ini telah
mengilhami berbagai metode penyebaran Islam maupun dalam konteks pendidikan.
Proses serta metode pembelajaran dan pengajaran yang berorientasi filsafat lebah (An-Nahl) berarti membangun suatu sistem yang kuat dengan “jaring-jaring” (networking) yang menyebar ke segala penjuru. Analogi ini bisa menyeluruh ke peserta didik, guru, kepala sekolah, wali murid, komite sekolah dan instasi lain yang terkait. Sehingga menjadi komponen pendidikan yang utuh, menjadi satu sistem yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lain.
Proses serta metode pembelajaran dan pengajaran yang berorientasi filsafat lebah (An-Nahl) berarti membangun suatu sistem yang kuat dengan “jaring-jaring” (networking) yang menyebar ke segala penjuru. Analogi ini bisa menyeluruh ke peserta didik, guru, kepala sekolah, wali murid, komite sekolah dan instasi lain yang terkait. Sehingga menjadi komponen pendidikan yang utuh, menjadi satu sistem yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lain.
Pada awalnya ayat ini berkaitan dengan
dakwah Rasulullah SAW. Kalimat yang digunakan adalah fiil amr “ud’u” (asal kata
dari da’a-yad’u-da’watan) yang artinya mengajak, menyeru, memanggil14. Dalam
kajian ilmu dakwah maka ada prinsip-prinsip dalam menggunakan metode dakwah
yang meliputi hikmah, maudhoh hasanah, mujadalah. Metode ini menyebar menjadi
prinsip dari berbagai system, berbagai metode termasuk komunikasi juga
pendidikan. Seluruh dakwah, komunikasi dan pendidikan biasanya merujuk dan
bersumber pada ayat ini sebagai prinsip dasar sehingga terkenal menjadi sebuah
“metode”.
Secara etimologi metode berasal dari bahasa Greeka, yaitu “Metha” artinya melalui atau melewati dan “Hodos” artinya jalan atau cara15.Dalam kajian keislaman metode berarti juga “Thoriqoh”16, yang berarti langkah-langkah strategis yang dipersiapkan untuk melakukan suatu pekerjaan. Dengan demikian metode mengajar dapat diartikan sebagai cara yang digunakan oleh guru dalam membelajarkan peserta didik saat berlangsungnya proses pembelajaran.
Ada beberapa landasan dasar dalam menentukan metode yang tepat dalam mengajar diantaranya diulas oleh Abu Ahmadi, beliau mengatakan bahwa landasan untuk pemilihan metode ialah : 1). Sesuai dengan tujuan pengajaran agama. 2). Sesuai dengan jenis-jenis kegiatan. 3). Menarik perhatian murid.4). Maksud metodenya harus dipahami siswa. 5). Sesuai dengan kecakapan guru agama yang bersangkutan18.
Dalam tafsir Al-Maroghi dijelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW dianjurkan untu meniru Nabi Ibrohim yang memiliki sifat-sifat mulia, yang telah mencapai puncak derajat ketinggian martabat dalam menyampaikan risalanya[10]. Allah berfirman :
ثُمَّ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ أَنِ اتَّبِعْ مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ
Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): “Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif.” dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.
Dalam surat An-Nahl (lebah) ayat 125 ini, terdapat tiga prinsip dalam implementasi metode penyampaian (dakwah, pembelajaran, pengajaran, komunikasi dan sebagainya) yaitu :
Al-Hikmah, dalam bahasa Arab Al-hikmah artinya ilmu, keadilan, falsafah, kebijaksanaan, dan uraian yang benar[11]. Al-hikmah berarti mengajak kepada jalan Allah dengan cara keadilan dan kebijaksanaan, selalu mempertimbangkan berbagai faktor dalam proses belajar mengajar, baik faktor subjek, obyek, sarana, media dan lingkungan pengajaran. Pertimbangan pemilihan metode dengan memperhatikan audiens atau peserta didik diperlukan kearifan agar tujuan pembelajaran tercapai dengan maksimal.
Imam Al-Qurtubi menafsirkan Al-hikmah dengan “kalimat yang lemah lembut”. Beliau menulis dalam tafsirnya :
وأمره أن يدعو إلى دين الله وشرعه بتلطف ولين دون مخاشنة وتعنيف, وهكذا ينبغي أن يوعظ المسلمون إلى يوم القيامة
Nabi diperintahkan untuk mengajak umat manusia kepada “dienullah” dan syariatnya dengan lemah lembut tidak dengan sikap bermusuhan. Hal ini berlaku kepada kaum muslimin seterusnya sebagai pedoman untuk berdakwah dan seluruh aspek penyampaian termasuk di dalamnya proses pembelajaran dan pengajaran. Hal ini diinspirasikan dari ayat Al-Qur’an dengan kalimat “qaulan layinan”. Allah berfirman :
فَقُولَا لَهُ قَوْلًا لَيِّنًا لَعَلَّهُ يَتَذَكَّرُ أَوْ يَخْشَى(
“Maka berbicaralah kamu berdua kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut, mudah-mudahan ia ingat atau takut”.
Proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan lancar manakala ada interaksi yang kondusif antara guru dan peserta didik. Komunikasi yang arif dan bijaksana memberikan kesan mendalam kepada para siswa sehingga “teacher oriented” akan berubah menjadi “student oriented”. Guru yang bijaksana akan selalu memberikan peluang dan kesempatan kepada siswanya untuk berkembang.
Al-Hikmah dalam tafsir At-Tobari adalah menyampaikan sesuatu yang telah diwahyukan kepada nabi. Ath-Thobari menguraikan:
يقول بوحى الله الذى يوحيه اليك, وكتابه الذى نزله عليك بالحكمة )
Hal ini hampir senada dengan Mustafa Al-Maroghi bahwa Al-Hikmah cenderung diartikan sebagai sesuatu yang diwahyukan. 23 Demikian pula dalam tafsir Al-Jalalain Al-hikmah diartikan dengan Al-Qura’nul kariem sebagai sesuatu yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW. An-Naisaburi menegaskan bahwa yang dimaksud Al-hikmah adalah tanda atau metode yang mengandung argumentasi yang kuat (Qoth’i) sehingga bermanfaat bagi keyakinan. Beliau menulis :
(بالحكمة ) اشارة الى استعمال الحجج القطعية المفيدة لليقين[12]
Nampak dengan gamblang sebenarnya yang dimaksud dengan penyampaian wahyu dengan hikmah ini yaitu penyampaian dengan lemah lembut tetapi juga tegas dengan mengunakan alasan-dalil dan argumentasi yang kuat sehingga dengan proses ini para peserta didik memiliki keyakinan dan kemantapan dalam menerima materi pelajaran. Materi pembelajaran bermanfaat dan berharga bagi dirinya, merasa memperoleh ilmu yang berkesan dan selalu teringat sampai masa yang akan datang.
Mauidzah Hasanah, terdiri dari dua kata “al-Maudzah dan Hasanah”. Al-mauidzah dalam tinjauan etimologi berarti “pitutur, wejangan, pengajaran, pendidikan, sedangkan hasanah berarti baik. Bila dua kata ini digabungkan bermakna pengajaran yang baik. Ibnu Katsir menafsiri Al-mauidzah hasanah sebagai pemberian peringatan kepada manusia, mencegah dan menjauhi larangan sehingga dengan proses ini mereka akan mengingat kepada Allah. Ibnu Katsir menulis sebagai berikut :
والموعظة الحسنة أي بما فيه من الزواجر والوقائع بالناس ذكرهم بها ليحذروا بأس الله تعالى25
At-Thobari mengartikan mauidzah hasanah dengan “Al-ibr al-jamilah” yaitu perumpamaan yang indah bersal dari kitab Allah sebagai hujjah, argumentasi dalam proses penyampaian.26 Pengajaran yang baik mengandung nilai-nilai kebermanfaatan bagi kehidupan para siswa. Mauidzah hasanah sebagai prinsip dasar melekat pada setiap da’i (guru, ustadz, mubaligh) sehingga penyampaian kepada para siswa lebih berkesan. Siswa tidak merasa digurui walaupun sebenarnya sedang terjadi penstranferan nilai.
Al-Imam Jalaludin Asy-Syuyuti dan Jalaludin Mahali mengidentikan kata “Al-Mauidah” itu dengan kalimat مواعظه أو القول الرقيق artinya perkataan yang lembut27. Pengajaran yang baik berarti disampaikan melalui perkataan yang lembut diikuti dengan perilaku hasanah sehinga kalimat tersebut bermakna lemah lembut baik lagi baik.
Dengan melalui prinsip maudzoh hasanah dapat memberikan pendidikan yang menyentuh, meresap dalam kalbu. Ada banyak pertimbangan (multi approach) agar penyampaian materi bisa diterima oleh peserta didik diantaranya : a).Pendekatan Relegius, yang menekankan bahwa manusia adalah makhluk relegius dengan bakat-bakat keagamaan. Metode pendidikan Islam harus merujuk pada sumber ajaran Islam yaitu Al-Qur’an dan Al-Hadits, b). Dasar Biologis, pertumbuhan jasmani memegang peranan yang sangat penting dalam proses pendidikan, c).Dasar Psikologis, metode pendidikan Islam bisa effektif dan efesien bila didasarkan pada perkembangan psikis meliputi motivasi, emosi, minat, sikap, keinginan, kesediaan, bakat-bakat dan kecakapan akal intelektual, d). Dasar Sosiologis, pendekatan social interaksi antar siswa, guru dengan siswa sehingga memberikan dampak positif bagi keduanya.
Mujadalah, berasal dari kata “jadala” yang makna awalnya percekcokan dan perdebatan[13]. Kalimat “jadala” ini banyak terdapat dalam Al-Qur’an diantaranya dalam surat Al-Kahhfi ayat 54 وَكَانَ الْإِنْسَانُ أَكْثَرَ شَيْءٍ جَدَلً)), dalam surat Az-Zukhruf ayat : 56, (َقَالُوا أَآلِهَتُنَا خَيْرٌ أَمْ هُوَ مَا ضَرَبُوهُ لَكَ إِلَّا جَدَلًا بَلْ هُمْ قَوْمٌ خَصِمُونَ). Kalimat “jadala” dengan berbagai variasinya juga bertebaran dalam Al-Qur’an, seperti pada surat (2:197), (4:107,109), (6:25, 121), ( 7 : 71), ( 11:32,74), (13:13), (18:54,56(, (22:8,68), (29:46), (31;20), (40 :4,5,32,56,69), 24:35), (43:58), (58:1). Bahkan ada surat yang bernama “Al-Mujaadilah” ( perempuan-perempuan yang mengadakan gugatan)
Mujadalah dalam konteks dakwah dan pendidikan diartikan dengan dialog atau diskusi sebagai kata “ameliorative” berbantah-bantahan. Mujadalah berarti menggunakan metode diskusi ilmiyah yang baik dengan cara lemah lembut serta diiringi dengan wajah penuh persahabatan sedangkan hasilnya diserahkan kepada Allah SWT[14]
Hal senada juga disampaikan oleh Ibnu Katsir dalam tafsirmya bahwa mujadalah ini adalah cara penyampaian melalui diskusi dengan wajah yang baik kalimat lemah lembut dalam berbicara, seperti firman Allah:
“ولا تجادلوا أهل الكتاب إلا بالتي هي أحسن إلا الذين ظلموا منهم” الآية
فأمره تعالى بلين الجانب كما أمر به موسى وهارون عليهما السلام حين بعثهما إلى فرعون في قوله “فقولا له قولا لينا لعله يتذكر أو يخشى[15]″.
Metode penyampaian ini dicontohkan oleh Nabi Musa dan Nabi Harun ketika berdialog-diskusi dan berbantahan dengan Fir’aun. Sedangkan hasil akhirnya dikembalikan kepada Allah SWT. Sebab hanya Allahlah yang mengetahui orang tersebut mendapat petunjuk atau tidak.
Metode diskusi yaitu cara penyampaian bahan pelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk membicarakan, menganalisa guna mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau menyusun berbagai alternative pemecahan masalah. Dalam kajian metode mengajar disebut metode “hiwar” (dialog). Diskusi memberikan peluang sebesar-besarnya kepada para siswa untuk mengeksplor pengetahuan yang dimilikinya kemudian dipadukan dengan pendapat siswa lain. Satu sisi mendewasakan pemikiran, menghormati pendapat orang lain, sadar bahwa ada pandapat di luar pendapatnya dan disisi lain siswa merasa dihargai sebagai individu yang memiliki potensi, kemampuan dan bakat bawaannya.
An-Naisaburi[16] memberikan ilustrasi bahwa mujadalah itu adalah sebuah metode “أي بالطريقة”. Diskusi (mujadalah) tidak akan memperoleh tujuan apabila tidak memperhatikan metode diskusi yang benar, yang hak sehingga diskusi jadi “bathal” tidak didengarkan oleh mustami’in.
Metode mujadalah lebih menekankan kepada pemberian dalil, argumentasi dan alasan yang kuat. Para siswa berusaha untuk menggali potensi yang dimilikinya untuk mencari alasan-alasan yang mendasar dan ilmiyah dalam setiap argumen diskusinya. Para guru hanya bertindak sebagai motivator, stimulator, fasilitator atau sebagai instruktur. Sistem ini lebih cenderung ke “Student Centre” yang menekankan aspek penghargaan terhadap perbedaan individu para peserta didik (individual differencies) bukan “Teacher Centre”.
Secara etimologi metode berasal dari bahasa Greeka, yaitu “Metha” artinya melalui atau melewati dan “Hodos” artinya jalan atau cara15.Dalam kajian keislaman metode berarti juga “Thoriqoh”16, yang berarti langkah-langkah strategis yang dipersiapkan untuk melakukan suatu pekerjaan. Dengan demikian metode mengajar dapat diartikan sebagai cara yang digunakan oleh guru dalam membelajarkan peserta didik saat berlangsungnya proses pembelajaran.
Ada beberapa landasan dasar dalam menentukan metode yang tepat dalam mengajar diantaranya diulas oleh Abu Ahmadi, beliau mengatakan bahwa landasan untuk pemilihan metode ialah : 1). Sesuai dengan tujuan pengajaran agama. 2). Sesuai dengan jenis-jenis kegiatan. 3). Menarik perhatian murid.4). Maksud metodenya harus dipahami siswa. 5). Sesuai dengan kecakapan guru agama yang bersangkutan18.
Dalam tafsir Al-Maroghi dijelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW dianjurkan untu meniru Nabi Ibrohim yang memiliki sifat-sifat mulia, yang telah mencapai puncak derajat ketinggian martabat dalam menyampaikan risalanya[10]. Allah berfirman :
ثُمَّ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ أَنِ اتَّبِعْ مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ
Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): “Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif.” dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.
Dalam surat An-Nahl (lebah) ayat 125 ini, terdapat tiga prinsip dalam implementasi metode penyampaian (dakwah, pembelajaran, pengajaran, komunikasi dan sebagainya) yaitu :
Al-Hikmah, dalam bahasa Arab Al-hikmah artinya ilmu, keadilan, falsafah, kebijaksanaan, dan uraian yang benar[11]. Al-hikmah berarti mengajak kepada jalan Allah dengan cara keadilan dan kebijaksanaan, selalu mempertimbangkan berbagai faktor dalam proses belajar mengajar, baik faktor subjek, obyek, sarana, media dan lingkungan pengajaran. Pertimbangan pemilihan metode dengan memperhatikan audiens atau peserta didik diperlukan kearifan agar tujuan pembelajaran tercapai dengan maksimal.
Imam Al-Qurtubi menafsirkan Al-hikmah dengan “kalimat yang lemah lembut”. Beliau menulis dalam tafsirnya :
وأمره أن يدعو إلى دين الله وشرعه بتلطف ولين دون مخاشنة وتعنيف, وهكذا ينبغي أن يوعظ المسلمون إلى يوم القيامة
Nabi diperintahkan untuk mengajak umat manusia kepada “dienullah” dan syariatnya dengan lemah lembut tidak dengan sikap bermusuhan. Hal ini berlaku kepada kaum muslimin seterusnya sebagai pedoman untuk berdakwah dan seluruh aspek penyampaian termasuk di dalamnya proses pembelajaran dan pengajaran. Hal ini diinspirasikan dari ayat Al-Qur’an dengan kalimat “qaulan layinan”. Allah berfirman :
فَقُولَا لَهُ قَوْلًا لَيِّنًا لَعَلَّهُ يَتَذَكَّرُ أَوْ يَخْشَى(
“Maka berbicaralah kamu berdua kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut, mudah-mudahan ia ingat atau takut”.
Proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan lancar manakala ada interaksi yang kondusif antara guru dan peserta didik. Komunikasi yang arif dan bijaksana memberikan kesan mendalam kepada para siswa sehingga “teacher oriented” akan berubah menjadi “student oriented”. Guru yang bijaksana akan selalu memberikan peluang dan kesempatan kepada siswanya untuk berkembang.
Al-Hikmah dalam tafsir At-Tobari adalah menyampaikan sesuatu yang telah diwahyukan kepada nabi. Ath-Thobari menguraikan:
يقول بوحى الله الذى يوحيه اليك, وكتابه الذى نزله عليك بالحكمة )
Hal ini hampir senada dengan Mustafa Al-Maroghi bahwa Al-Hikmah cenderung diartikan sebagai sesuatu yang diwahyukan. 23 Demikian pula dalam tafsir Al-Jalalain Al-hikmah diartikan dengan Al-Qura’nul kariem sebagai sesuatu yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW. An-Naisaburi menegaskan bahwa yang dimaksud Al-hikmah adalah tanda atau metode yang mengandung argumentasi yang kuat (Qoth’i) sehingga bermanfaat bagi keyakinan. Beliau menulis :
(بالحكمة ) اشارة الى استعمال الحجج القطعية المفيدة لليقين[12]
Nampak dengan gamblang sebenarnya yang dimaksud dengan penyampaian wahyu dengan hikmah ini yaitu penyampaian dengan lemah lembut tetapi juga tegas dengan mengunakan alasan-dalil dan argumentasi yang kuat sehingga dengan proses ini para peserta didik memiliki keyakinan dan kemantapan dalam menerima materi pelajaran. Materi pembelajaran bermanfaat dan berharga bagi dirinya, merasa memperoleh ilmu yang berkesan dan selalu teringat sampai masa yang akan datang.
Mauidzah Hasanah, terdiri dari dua kata “al-Maudzah dan Hasanah”. Al-mauidzah dalam tinjauan etimologi berarti “pitutur, wejangan, pengajaran, pendidikan, sedangkan hasanah berarti baik. Bila dua kata ini digabungkan bermakna pengajaran yang baik. Ibnu Katsir menafsiri Al-mauidzah hasanah sebagai pemberian peringatan kepada manusia, mencegah dan menjauhi larangan sehingga dengan proses ini mereka akan mengingat kepada Allah. Ibnu Katsir menulis sebagai berikut :
والموعظة الحسنة أي بما فيه من الزواجر والوقائع بالناس ذكرهم بها ليحذروا بأس الله تعالى25
At-Thobari mengartikan mauidzah hasanah dengan “Al-ibr al-jamilah” yaitu perumpamaan yang indah bersal dari kitab Allah sebagai hujjah, argumentasi dalam proses penyampaian.26 Pengajaran yang baik mengandung nilai-nilai kebermanfaatan bagi kehidupan para siswa. Mauidzah hasanah sebagai prinsip dasar melekat pada setiap da’i (guru, ustadz, mubaligh) sehingga penyampaian kepada para siswa lebih berkesan. Siswa tidak merasa digurui walaupun sebenarnya sedang terjadi penstranferan nilai.
Al-Imam Jalaludin Asy-Syuyuti dan Jalaludin Mahali mengidentikan kata “Al-Mauidah” itu dengan kalimat مواعظه أو القول الرقيق artinya perkataan yang lembut27. Pengajaran yang baik berarti disampaikan melalui perkataan yang lembut diikuti dengan perilaku hasanah sehinga kalimat tersebut bermakna lemah lembut baik lagi baik.
Dengan melalui prinsip maudzoh hasanah dapat memberikan pendidikan yang menyentuh, meresap dalam kalbu. Ada banyak pertimbangan (multi approach) agar penyampaian materi bisa diterima oleh peserta didik diantaranya : a).Pendekatan Relegius, yang menekankan bahwa manusia adalah makhluk relegius dengan bakat-bakat keagamaan. Metode pendidikan Islam harus merujuk pada sumber ajaran Islam yaitu Al-Qur’an dan Al-Hadits, b). Dasar Biologis, pertumbuhan jasmani memegang peranan yang sangat penting dalam proses pendidikan, c).Dasar Psikologis, metode pendidikan Islam bisa effektif dan efesien bila didasarkan pada perkembangan psikis meliputi motivasi, emosi, minat, sikap, keinginan, kesediaan, bakat-bakat dan kecakapan akal intelektual, d). Dasar Sosiologis, pendekatan social interaksi antar siswa, guru dengan siswa sehingga memberikan dampak positif bagi keduanya.
Mujadalah, berasal dari kata “jadala” yang makna awalnya percekcokan dan perdebatan[13]. Kalimat “jadala” ini banyak terdapat dalam Al-Qur’an diantaranya dalam surat Al-Kahhfi ayat 54 وَكَانَ الْإِنْسَانُ أَكْثَرَ شَيْءٍ جَدَلً)), dalam surat Az-Zukhruf ayat : 56, (َقَالُوا أَآلِهَتُنَا خَيْرٌ أَمْ هُوَ مَا ضَرَبُوهُ لَكَ إِلَّا جَدَلًا بَلْ هُمْ قَوْمٌ خَصِمُونَ). Kalimat “jadala” dengan berbagai variasinya juga bertebaran dalam Al-Qur’an, seperti pada surat (2:197), (4:107,109), (6:25, 121), ( 7 : 71), ( 11:32,74), (13:13), (18:54,56(, (22:8,68), (29:46), (31;20), (40 :4,5,32,56,69), 24:35), (43:58), (58:1). Bahkan ada surat yang bernama “Al-Mujaadilah” ( perempuan-perempuan yang mengadakan gugatan)
Mujadalah dalam konteks dakwah dan pendidikan diartikan dengan dialog atau diskusi sebagai kata “ameliorative” berbantah-bantahan. Mujadalah berarti menggunakan metode diskusi ilmiyah yang baik dengan cara lemah lembut serta diiringi dengan wajah penuh persahabatan sedangkan hasilnya diserahkan kepada Allah SWT[14]
Hal senada juga disampaikan oleh Ibnu Katsir dalam tafsirmya bahwa mujadalah ini adalah cara penyampaian melalui diskusi dengan wajah yang baik kalimat lemah lembut dalam berbicara, seperti firman Allah:
“ولا تجادلوا أهل الكتاب إلا بالتي هي أحسن إلا الذين ظلموا منهم” الآية
فأمره تعالى بلين الجانب كما أمر به موسى وهارون عليهما السلام حين بعثهما إلى فرعون في قوله “فقولا له قولا لينا لعله يتذكر أو يخشى[15]″.
Metode penyampaian ini dicontohkan oleh Nabi Musa dan Nabi Harun ketika berdialog-diskusi dan berbantahan dengan Fir’aun. Sedangkan hasil akhirnya dikembalikan kepada Allah SWT. Sebab hanya Allahlah yang mengetahui orang tersebut mendapat petunjuk atau tidak.
Metode diskusi yaitu cara penyampaian bahan pelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk membicarakan, menganalisa guna mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau menyusun berbagai alternative pemecahan masalah. Dalam kajian metode mengajar disebut metode “hiwar” (dialog). Diskusi memberikan peluang sebesar-besarnya kepada para siswa untuk mengeksplor pengetahuan yang dimilikinya kemudian dipadukan dengan pendapat siswa lain. Satu sisi mendewasakan pemikiran, menghormati pendapat orang lain, sadar bahwa ada pandapat di luar pendapatnya dan disisi lain siswa merasa dihargai sebagai individu yang memiliki potensi, kemampuan dan bakat bawaannya.
An-Naisaburi[16] memberikan ilustrasi bahwa mujadalah itu adalah sebuah metode “أي بالطريقة”. Diskusi (mujadalah) tidak akan memperoleh tujuan apabila tidak memperhatikan metode diskusi yang benar, yang hak sehingga diskusi jadi “bathal” tidak didengarkan oleh mustami’in.
Metode mujadalah lebih menekankan kepada pemberian dalil, argumentasi dan alasan yang kuat. Para siswa berusaha untuk menggali potensi yang dimilikinya untuk mencari alasan-alasan yang mendasar dan ilmiyah dalam setiap argumen diskusinya. Para guru hanya bertindak sebagai motivator, stimulator, fasilitator atau sebagai instruktur. Sistem ini lebih cenderung ke “Student Centre” yang menekankan aspek penghargaan terhadap perbedaan individu para peserta didik (individual differencies) bukan “Teacher Centre”.
3.
Surat Al-A’raaf ayat 176-177
öqs9ur $oYø¤Ï© çm»uZ÷èsùts9 $pkÍ5 ÿ¼çm¨ZÅ3»s9ur t$s#÷zr&
Potongan
ayat diatas maksudnya: kalau Allah menghendaki maka Allah akan meningkatkan
derajat orang itu dengan ilmu yang telah diberikan keadanya, tentulah Allah
mampu berbuat seperti demikian.
n<Î) ÇÚöF{$# yìt7¨?$#ur çm1uqyd 4 ¼ã&é#sVyJsù È@sVyJx. É=ù=x6ø9$# bÎ) ö@ÏJøtrB Ïmøn=tã ô]ygù=t ÷rr& çmò2çøIs? ]ygù=t 4
Potongan Ayat diatas
maksudnya adalah: Orang itu menentukan pilihan nya ke jalan yang sesat, dia
berpaling dari ilmunya sendiri dan lebih cenderung kepada dunia, dan seluruh
perhatiannya dalam hidupnya dia arahkan untuk menikmati kelezatan-kelezatan
jasmani dan tidak dia arahkan kepada kehidupan rohani. Segala petunjuk dari
Allah dilupakan nya suara hatinuraninya tidak di dengarnya lagi.
4 y7Ï9º© ã@sVtB ÏQöqs)ø9$# úïÏ%©!$# (#qç/¤x. $uZÏG»t$t«Î/ 4 ÄÈÝÁø%$$sù }È|Ás)ø9$# öNßg¯=yès9 tbrã©3xÿtFt
Demikian pula
perumpamaan kaum yang mendustakan ayat-ayat Allah. Mereka menentang nya, baik
disebabkan kebodohan mereka maupun disebabkan fanatisme mereka terhadap dunia
yang menyebabkan mereka menutup mata terhadap suatu kebenaran dan meninggalkan
nya. Mereka menyadari yang dibawa Muhammad SAW, dan mengakui kesesatan dan
kesalahan nenek moyang mereka setelah mereka merenungkan bukti-bukti kebenaran
yang dibawa oleh Rasulullah SAW. Tetapi kesadaran dan pengakuan demikian itu
lenyap dari jiwa mereka disebabkan hawa nafsu mereka kepada kenikmatan duniawi,
misalnya ingin kekuasaan dan kekayaan.
uä!$y ¸xsWtB ãPöqs)ø9$# z`Ï%©!$# (#qç/¤x. $uZÏG»t$t«Î/ öNåk|¦àÿRr&ur (#qçR%x. tbqãKÎ=ôàt
Maka cerita orang yang
banyak mempunyai persamaan dengan kaum penentang ayat-ayat Allah itu, patut
diberikan kepada mereka harapan agar mereka mau merenungkan dan memikirkan
ayat-ayat dengan jujur dan obyektif lepas dari rasa permusuhan dan kepentingan
pribadi.
Kedua ayat ini
menguraikan keadaan siapapun yang melepaskan diri dari pengetahuan yang telah
dimilikinya. Allah SWT menyatakan bahwa sekiranya Kami menghendaki, pasti Kami
menyucikan jiwanya dan meninggikan derajatnya dengannya yakni melalui
pengamalannya terhadap ayat-ayat itu, tetapi dia mengekal yakni cenderung
menetap terus menerus di dunia menikmati gemerlapnya serta merasa bahagia dan
tenang menghadapinya dan menurutkan dengan antusias hawa nafsunya yang rendah,
maka perumpamaannya adalah seperti anjing yang selalu menjulurkan lidahnya.
Kedua ayat diatas juga memberikan
perumpamaan orang yang ber pengetahuan, sampai-sampai pengetahuan itu melekat
pada dirinya seperti melekatnya kulit pada dagingnya. Namun dia menguliti
dirinya dengan melepaskan tuntunan pengetahuannya. Dia diibaratkan seekor
anjing yang terengah-engah sambil menjulurkan lidahnya. Biasanya yang terengah-engah
adalah yang letih atau kehausan membutuhkan air, tetapi anjing terengah-engah
bukan hanya ketika letih ataupun haus, tapi sepanjang hidupnya dia selalu
demikian. Sama dengan orang yang memperoleh pengetahuan tetapi terjerumus
mengikuti hawa nafsunya. Seharusnya pengetahuan tersebut membentengi dirinya
dari perbuatan buruk.
Dari Ayat tersebut juga bisa jadi tinjauan kita menggunakan metode menakut-nakuti dan memikirkan Nikmat ini telah memfokuskan perhatian mereka terhadap apa yang mereka rasakan berupa nikmat ditempatkan nya dimuka bumi, dan dijadikannya bumi itu sebagai tempat tinggal mereka yang dilengkapi berbagai pemenuhan kebutuhan pokok dan kesempurnaan manusia.
Dari Ayat tersebut juga bisa jadi tinjauan kita menggunakan metode menakut-nakuti dan memikirkan Nikmat ini telah memfokuskan perhatian mereka terhadap apa yang mereka rasakan berupa nikmat ditempatkan nya dimuka bumi, dan dijadikannya bumi itu sebagai tempat tinggal mereka yang dilengkapi berbagai pemenuhan kebutuhan pokok dan kesempurnaan manusia.
4.
Surat Ibrahim ayat 24-25
öNs9r& ts? y#øx. z>uÑ ª!$# WxsWtB ZpyJÎ=x. Zpt6ÍhsÛ ;otyft±x. Bpt7ÍhsÛ $ygè=ô¹r& ×MÎ/$rO $ygããösùur Îû Ïä!$yJ¡¡9$#
Perumpamaan yang
disebut dalam ayat diatas ialah perumpamaan mengenai kata-kata ucapan yang
baik, misalnya kata-kata yang mengandung kalimat tauhid, seperti “la ilaha illa
llah ” atau kata-kata lain yang mengajak manusia kepada kebajikan dan mencegah
mereka dari kemungkaran: kata-kata seperti itu diumpamakan sebagai pohon yang
baik, akarnya teguh menghunjam ke bumi, dan dahannya rimbun menjulang ke
langit. Pohon yang baik itu dalam peradaban Indonesia digambarkan “akarnya
tempat bersila, batangnya tempat bersandar, dahannya tempat bernaung, dan
buahnya lezat dimakan. Artinya memberi banyak manfaat”.
þÎA÷sè? $ygn=à2é& ¨@ä. ¤ûüÏm ÈbøÎ*Î/ $ygÎn/u 3 ÛUÎôØour ª!$# tA$sWøBF{$# Ĩ$¨Y=Ï9 óOßg¯=yès9 crã2xtGt
Ayat diatas
menggambarkan, bahwa pohon itu selalu memberikan buahnya kepada setiap manusia,
dengan seijin Tuhannya. Sebab itu manusia yang mengambil manfaat dari pohon itu
hendaklah bersyukur kepada Allah, karena pada hakikatnya pohon itu adalah
rahmat dan nikmat dari Allah SWT.
Kedua ayat diatas mengajarkan kepada semua ummat agar membiasakan dari menggunakan ucapan yang baik, yang berfaedah bagi dirinya dan bermanfaat bagi orang lain. Ucapan seseorang menunjukkan watak dan kepribadiannya serta adab dan sopan santun nya. Sebaliknya, setiap muslim harus menjauhi ucapan dan kata-kata yang jorok, yang dapat menimbulkan kemarahan, kebencian, permusuhan dan menyinggung perasaan atau menimbulkan rasa jijik bagi yang mendengarnya.
Demikian pula halnya kata-kata yang baik yang kita ucapkan kepada orang lain, misalnya dalam memberikan Ilmu pengetahuan yang berguna, manfaatnya akan didapat oleh orang banyak. Dan setiap orang yang memperoleh Ilmu dari seorang guru haruslah bersyukur kepada Allah karena pada hakikatnya ilmu yang telah diperolehnya melalui karunia dan rahmat Allah SWT.
Kedua ayat diatas mengajarkan kepada semua ummat agar membiasakan dari menggunakan ucapan yang baik, yang berfaedah bagi dirinya dan bermanfaat bagi orang lain. Ucapan seseorang menunjukkan watak dan kepribadiannya serta adab dan sopan santun nya. Sebaliknya, setiap muslim harus menjauhi ucapan dan kata-kata yang jorok, yang dapat menimbulkan kemarahan, kebencian, permusuhan dan menyinggung perasaan atau menimbulkan rasa jijik bagi yang mendengarnya.
Demikian pula halnya kata-kata yang baik yang kita ucapkan kepada orang lain, misalnya dalam memberikan Ilmu pengetahuan yang berguna, manfaatnya akan didapat oleh orang banyak. Dan setiap orang yang memperoleh Ilmu dari seorang guru haruslah bersyukur kepada Allah karena pada hakikatnya ilmu yang telah diperolehnya melalui karunia dan rahmat Allah SWT.
BAB V
NILAI – NILAI TARBAWY
1.
Surat Al-Maidah ayat 67
Nilai tarbawy yang
dapat diambil dari ayat tersebut di atas, yaitu bahwa metode tabligh
adalah suatu metode yang dapat diperkenalkan dalam dunia paendidikan modern.
Yaitu suatu metode pendidikan di man guru tidak sekadar menyampaikan pengajaran
kepada murid, akan tetapi dalam metode itu terkandung beberapa persyaratan guna
terciptanya efektivitas proses belajar mengajar. Beberapa persyaratn yang
dimaksud adalah :
1)
Aspek kepribadian guru yang selalu
menampilkan sosok uswah hasanah, suri tauladan yang baik bagi
murid-muridnya.
2)
Aspek kemampuan intelektual yang
memadai.
3)
Aspek penguasaan metodologis yang cukup
sehingga mampu meraba dan membaca kejiwaan dan kebutuhan murid-muridnya.
4)
Aspek spiritualitas dalam arti
pengamal ajaran Islam yang istiqomah.
Apabila kelima persyaratan di ats
dipenuhi oleh seorang guru , maka materi yang disampaikan kepada murid akan
merupakan qoulan baligha, yaitu ucapan yang komunikatif dan efektif.
2.
Surat An-Nahl ayat 125
Nilai tarbawiyah yang
dapat diambil dari ayat tersebut di atas menyangkut metode atau cara melakukan
dakwah. Ayat tersebut juga mengisyaratkan adanya tiga tipologi manusia dalam
kaitannya dengan penyikapan terhadap dakwah dan pendidikan, yaitu :
1)
Mereka yang dengan segala kemampuan
nalar dan nuraninya selalu berusaha menemukan kebenaran sejati, untuk mengajak
dan mendidik manusia dalam tipe ini cukup dengan metode al-hikmah.
2)
Mereka yang dengan keluguannya atau
karena keterbatasan kemampuan berfikirnya selalu menerima taqlid dalam menerima kebenaran. Untuk
mengajak dan mendidik mereka ke jalan Allah swt lebih efektif dengan metode al-mau’idhat
al-hasanat.
3)
Mereka yang dengan segala kecongkakannya
selalu berusaha menetang kebenaran. Bagi manusia dalam kelompok ini cara
berdakwah dan memberikan pendidikannya harus dengan cara jadal (adu
argumentasi) tetapi dengan cara-cara lunak dan santun.
Ketiga tipologi tersebut akan ditemukan
juga dari siswa oleh setiap guru di sekolah. Ada anak yang kritis, yang baru
akan menerima dan mengakui sesuatu yang disampaikan guru kalau ia sudah
betul-betul memahaminya. Ada juga anak-anak yang selalu menerima apa yang
disampaikan gurunya tanpa mau banyak bertanya ini dan itu. Bahkan ada anak-anak
yang selalu membangkang terhadap gurunya. Untuk itu menghadapi ketiga tipologi
anak tersebut seoran guru harus pandai memilih metode pendidikan yang tepat.
3.
Surat Al-A’raaf ayat 176-177
Nilai tarbawy yang
dapat diambil dari ayat tersebut di atas adalah bahwa Al-Qur’an menyuguhkan
Islam sebagai manhaj untuk bergerak. Juga untuk memandu perjalanan
manusia langkah demi langkah mendaki puncak tertinggi, sesuai dengan program
dan ketentuan-ketentuannya. Di tengah gerak riilnya, Islam membentuk system
kehidupan bagi manusia, membangun prinsip-prinsip syariatnya, dan kaidah-kaidah
ekonomi,social, dan politik mereka. Kemudian dengan akalnya yang berpedoman
pada Islam, manusia menciptakan aturan-aturan hukum fikih, ilmu kealaman,
ilmu jiwa, dan semua kebutuhan hidup
praktis mereka yang riil. Mereka menciptakannya, sedang di dalam jiwanya
terdapat kehangatan dan motivasi akidah, keseriusan melaksanakan syariat dan
merealisasikannya, dan kebutuhan-kebutuhan hidup riil dengan arahan –
arahannya.
Inilah manhaj Al-Qur’an di dalam
membentuk jiwa muslim dan kehidupan islami. Adapun kajian teoritis yang
semata-mata hanya kajian, maka yang demikian inilah ilmu yang tidak dapat
melindungi pemiliknya dari kecenderungan kepada kehidupan dunia, dorongan hawa
nafsu, dan godaan setan. Ilmu bukan semata-mata pengetahuan. Tetapi, semestinya
ia dapat menciptakan akidah yang hangat, bersemangat, dan bergerak untuk
mengimplementasikan petunjuknya di dalam hati dan di dalam alam kehidupan.
4.
Surat Ibrahim ayat 24-25
Nilai tarbawy yang
dapat diambil dari ayat tersebut di atas adalah bahwa perumpamaan adalah salah
satu metode yang dapat diterapkan dalam proses pendidikan dan pengajaran.
Melalui ungkapan-ungkapan pemisalan, anak didik akan mudah memahami materi
pelajran dan akan lebih termotivasi untuk melakukan karya-karya nyata dan
positif. Gambaran perumpamaan pada ayat di atas tentang pohon bagus yang
akarnya kokoh menancap ke dasar bumi dan cabangnya menjulang ke angkasa untuk
sebuah kalimah thayyibah, bertujuan agar obyek yang diajak bicara lebih mudah
memahami pentingnya memiliki prinsip tauhid yang kuat dalam menempuh perjalanan
kehidupan di dunia ini.
BAB VI
P E N U T U P
? Kesimpulan
Al-Quran sebagai kitab
suci umat Islam memiliki kemuliaan yang dipelihara oleh
Allah dan memiliki fungsi yang begitu besar dalam mengatur tatacara hidup
manusia dimana termasuk di dalamnya mengenai metode pengajaran.
Di dalam Al-Qur’an
banyak terkandung ayat-ayat yang menjelaskan ataupun menerangkan tentang konsep
Metode pengajaran kepada umat manusia diantaranya yang terdapat pada surat
Al-Maidah ayat 67, surat An-Nahl ayat 125, surat Al-A’raaf 176-177, serta surat
Ibrahim ayat 24-25.
Metode Pengajaran sangat kita perlukan untuk dapat memiliki
dan memanajemeni pengetahuan (knowledge management), menjadi manusia
yang unggul.
Segala panduan terhadap aturan hidup dan kehidupan
antara manusia dengan Tuhan, alam, masyarakat serta dirinya sendiri tersurat di
dalam Al-Qur’an. Siapa saja yang mendekati sumber hidayah ini, Insya Allah akan
tersentuh dengan petunjuk-Nya dan siapa yang tidak mendekatinya
wal’iyaazubillah… akan jauh dari hidayahnya.
DAFTAR
PUSTAKA
& Al-Maraghi,
Ahmad Mushthafa, Terjemah Tafsir Al-Maraghi, Semarang: C.V.Toha Putra,
1970.
& Departemen
Agama RI, Al-Quran dan Terjemahnya, Bandung: C.V. Diponegoro, 2003.
&
Gojali, Nanang, Manusia Pendidikan dan Sains, Jakarta :
Rineka Cipta , 2004.
& Shihab,
Muhammad Quraish, Tafsir Al-Mishbah ; pesan, kesan dan keserasian
Al-Qur’an, Jakarta : Lentera Hati, 2002.
& Tafsir,
Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Jakarta : PT
Remaja Rosdakarya, 2006.
& Quthb,Sayyid,
Tafsir Fi Zhilal Al-Qur’an, Kairo : Dar Al-Syuruq, 1989.
[1] Maksudnya: tak
seorangpun yang dapat membunuh Nabi Muhammad s.a.w.
[2] Hikmah: ialah
Perkataan yang tegas dan benar yang dapat membedakan antara yang hak dengan
yang bathil.
[3] Termasuk dalam
kalimat yang baik ialah kalimat tauhid, segala Ucapan yang menyeru kepada
kebajikan dan mencegah dari kemungkaran serta perbuatan yang baik. kalimat
tauhid seperti laa ilaa ha illallaah.
[4] K.H.Qamaruddin
Shaleh DKK, Asbabun Nuzul ; Latar Belakang Historis Turunnya Ayat-Ayat
Al-Qur’an, ( Bandung : CV. Diponegoro , 1992), hal.189
[5] Ibid. Untuk
lebih jelasnya, baca lebih jauh Asbabun Nuzul Surat Al-Maidah ini dalam halaman
189–191. Di sini banyak riwayat yang menjelaskan sebab-sebab turunnya ayat ini
dengan berbagai versinya. Termasuk cerita ketika nabi sedang istirahat berteduh
di bawah pohon, pedang beliau digantungkan di pohon. Maka datanglah seorang
laki-laki dan mengambil pedang tersebut sambil berkata : Siapa yang menghalangi
Engkau dariku wahai Muhammad ?. Nabi bersabda : Allah yang akan melindungiku
dari godaanmu. Ketika pedang itu diletakannya kembali maka turunlah ayat ini (
S.5 : 67 ) yang menegaskan jaminan keselamatan jiwa Rasulullah dari tangan usil
manusia.
[6] Ibnu Katsir,
Tafsir Ibnu Katstir ( CD. Holly Qur,an ).
[7]Ibid.,Pertanggungjawaban
nabi disampaikan ketika nabi menjalankan ibadah haji (terkenal dengan haji
wada’ karena haji itu adalah haji terakhir nabi; haji perpisahan). Disaksikan
sekitar 40 ribu orang. Beliau berkata ; Wahai manusia….dst. Inti dari
pertanggungjawaban nabi adalah tentang amanat kerisalahan yang dibebankan Allah
kepadanya. Para sahabat (manusia) menjawab : Kami bersaksi bahwa Engkau telah
menyampaikan risalah, menjalankan amanah. Beliau mengangkat kedua tangannya ke
atas langit sambil berdoa (simbol kesaksian) “Allahuma hal Balagta…..Kemudian
Beliau berpesan bahwa yang hadir untuk menyampaikan kepada yang tidak hadir
sebagai kesinambungan proses risalah kenabian.
[8] Ibid.
[9] Jalaudin Rahmat
Op., Cit., hlm. 78
[10] Ahmad Mustofa
Al-Maroghi, Tafsir Al-Maroghi, (terjemah), ( Semarang : Toha Putra, 1987), hlm.
289
[11]Husen Al-Habsy,
Kamus Arab Lengkap, ( Bangil : YAPPI, 1989), hlm. 64
[12] An-Naisaburi,
Tafsir Ghoroibil Qur’an wa roghoibil Furqon, ( Bairut-Libanon : Darul kutubul
Ilmiuah, 1996), hlm. 316
[13] Husen
Al-HAbsyi., Op.Cit., hlm. 43
[14] Imam
Al-Baidhowi, Tafsir Al-Baidhowi ; Anwarul Tanzil wa Asrarul Ta’wil (
Bairut-Libanon : Darul Kutub Al-Ilmiyah, 1408 H/1988M), hlm. 571. Nama lengkap
Al-Imam Al-Baidwowi adalah NAshiruddin Abi said Ibn Umar Muhammad ASy-yaeroji
Al-Baidhowi
[15] Ibnu Katsir.,
Loc.,Cit.
[16] An-NAisaburi,
Loc., Cit.
maaf nanyak?
BalasHapuspada BAB tafsir/penjelasan di poin 3 tentang surat al-a'raf?
pertanyaannya?
apakah memang seperti itu,,, ataukah itu memeng di balikan sehingga kita membacanya dari dari dari kiri kekanan?
maaf
mohon bantuannya?
BalasHapus